Gaya Hidup

4 Phobia Paling Aneh dan Tak Masuk Akal di Dunia

MATA INDONESIA, JAKARTA – Mungkin sebagian dari kamu pernah mengalami rasa takut yang tak biasa, seperti takut pada hewan, tempat tertentu, ketinggian, benda dan lainnya. Rasa takut ini umumnya disebut phobia.

Phobia bisa hinggap di siapapun. Bentuknya pun aneh-aneh dan terkadang tidak wajar. Menurut penelitian, ada sekitar 500 phobia yang tercatat di seluruh dunia.

Dari 500 phobia tersebut, ada 4 jenis yang dianggap paling aneh sejagat. Bukan hanya aneh, mungkin bisa dibilang tidak masuk akal. Berikut 4 phobia tersebut:

1. Xanthophobia

Bukannya takut pada benda atau sesuatu yang menyeramkan, pengidap phobia ini justru tak mampu bersahabat dengan warna kuning. Bahkan, pada tingkat yang akut, pengidap xanthophobia akan berteriak histeris saat melihat warna kuning atau mendengar kata kuning sekalipun. Phobia ini biasa dipicu oleh masa lalu yang menakutkan, tentu saja melibatkan sesuatu yang berwarna kuning.

2. Venustraphobia

Venustraphobia adalah ketakutan yang hanya dialami oleh pria. Sialnya, pengidap phobia ini tak bisa bertemu atau berdekatan dengan perempuan yang cantik. Umumnya, phobia ini dipicu oleh kejadian mengerikan yang melibatkan perempuan cantik. Waduh!

3. Ombrophobia

Jika pada masa kecil kita menantikan datangnya hujan untuk sekedar bermain bersama kawan-kawan, lain halnya dengan penderita phobia yang satu ini. Ombrophobia membuat seseorang meringkuk ketakutan di rumah ketika hujan turun dan berteriak-teriak tak jelas saat tanpa sengaja terkena tetesan air hujan.

4. Pogonophobia

 

Phobia ini biasa dialami oleh para perempuan. Mereka akan merasa gelisah dan takut saat melihat atau berdekatan dengan pria berjanggut. Padahal, biasanya banyak perempuan yang klepek-klepek saat melihat pria berjanggut atau bercambang, tapi maaf, tidak berlaku untuk penderita pogonophobia.

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close