Viral

9 Penyandang Disabilitas Indonesia Berprestasi Dunia

MATA INDONESIA, JAKARTA –  Setiap insan di dunia terlahir dengan berbagai cerita dan keterbatasan yang ada. Termasuk para penyandang disabilitas yang memiliki ketidaksempurnaan.

Namun jangan anggap remeh ketidaksempurnaan mereka. Sebab keterbatasan yang dialami penyandang disabilitas, bukan menjadi penghalang mereka untuk meraih prestasi layaknya orang-orang dengan kondisi fisik yang normal.

Untuk memperingati Hari Disabilitas Internasional, Mataindonesia.id merangkum kisah penyandang disabilitas Indonesia yang berhasil mengharumkan nama bangsa di kancah dunia, dengan segala prestasinya.

Siapa saja mereka? Yuk intip ulasan berikut ini:

1. Angkie Yudistia

Perempuan cantik ini adalah penyandang tuli. Namun siapa sangka dirinya pernah menjadi delegasi Indonesia pada Asia-Pasific Development Center of Disability di Bangkok, Thailand. Bahkan kini Angkie sukses menjadi founder dan CEO Thisable Enterprise.

2. Mulyana

Meski hanya memiliki satu lengan dan satu kaki, Mulyana berhasil menjadi atlet renang kebanggaan Indonesia. Pada 2014 lalu, Mulyana berhasil meraih medali emas saat perhelatan Asian Paragames, Incheon, Korea Selatan. Dengan catatan waktu 39,44 detik, Mulyana juga berhasil memecahkan rekor dunia nomor 50 meter gaya kupu-kupu putra.

3. Rafi Ridwan

Rafi Ridwan, seorang tuna rungu yang juga seorang desainer dengan prestasi mendunia. Rafi mengawali karirnya diusia sembilan tahun. Ia memulai debutnya pada ajang bergengsi Jakarta Fashion Week. Kepiawaiannya dalam dunia desain pada akhirnya terdengar hingga mancanegara.

Hal ini membuat model papan atas Amerika , Tyra Banks, tertarik untuk memperagakan baju-bajunya. Bahkan, Tyra datang khusus ke Indonesia untuk melakukan sesi pemotretan menggunakan busana-busana koleksi Rafi dan menggunakannya dalam acara America’s Next Top Model.

4. Stephanie Handojo

Stephanie, seorang penyandang tunagrahita berhasil merebut medali emas cabang olahraga renang pada Special Olympics World Summer Games yang diselenggarakan di Athena, Yunani. Ia bertanding pada cabang olahraga renang nomor 50 meter gaya dada pada 2011 lalu.

5. Lidya Alvani Taslim

Lidya terlahir dengan keadaan tuna rungu. Namun, Ia berhasil menjadi Runner Up II Miss Deaf Indonesia 2015. Selain itu, ia menjadi wakil Indonesia di Las Vegas, Amerika Serikat dalam ajang Miss Deaf international.

6. Christian H Sitompul

Ia adalah salah satu atlet Indonesia yang berhasil membawa pulang medali emas pada Olimpiade Tunagrahita Dunia di Yunani pada tahun 2011. Christian sendiri berhasil memenangkan olimpiade cabang olahraga renang 50 meter gaya bebas

7. Eman Sulaeman

Eman Sulaeman adalah salah satu kiper difabel terbaik dikancah internasional yang berasal dari Indonesia. Beberapa waktu yang lalu, Sulaeman berhasil mengantarkan olahraga futsal Indonesia dalam kompetisi Homeless Worls Cup di Glasgoq, Skotlandia.

8. Arif Setyo Budi

Meski tidak memiliki kaki yang sempurna, Arif pernah menyabet Juara II LA Break 2011, Juara I LA Break 2012 se Jawa Timur. Lebih mengagumkannya lagi, ia didaulat sebagai Dubes Amerika untuk Indonesia dalam Workshop Dance Kontemporer yang diadakan oleh Dance Ability, lembaga seni tari kontemporer Amerika pada bulan Mei 2013 yang lalu.

9. M Sabar

M Sabar adalah salah satu pendaki tuna daksa yang berhasil mendaki puncak gunung tertinggi di Eropa, Elbrus. Sebagai tanda keberhasilan, ia menancapkan sang Saka Merah Putih di puncak gunung tersebut dan berhasil menginspirasi banyak kalangan. Ia juga dinobatkan sebagai penyandang tuna daksa pertama yang berhasil meraih Puncak Elbrus.

(Yuanita Aisara)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Close
Close