unique visitors counter
Kisah

Bakamla, Selamatkan 80 Penumpang KM.Tawindo II yang Terbakar di Perairan Bebas

Jakarta  (MI)- Badan Keamanan Laut Republik Indonesai (Bakamla-RI) berhasil menyelamatkan 80 orang, penumpang KM Tawindo II, terbakar di laut lepas pada Jum’at (30/6)

Menurut keterangan Humas Bakamla RI yang diterima Mataindonesia Sabtu (1/7/2017), kejadian itu berlangsung pada Jumat (30/6) kemarin. KM Tawindo II yang dinakhodai Mansur sedang dalam perjalanan dari Tawau melintasi Perairan Tanjung Ahus, Karang Banda, menuju Tarakan, Kalimantan Utara. Api muncul dari kamar mesin kapal, pukul 13.15 WITA. Mesin induk sebelah kiri segera dilalap api.

Menurut Kasubag Humas Bakamla RI (Kapten Marinir Mardion, Lantaman XIII Tarakan menerima informasi kejadian itu, kemudian menghubungi KAL Bokori yang sedang patroli rutin. KAL Bokori yang dikomandani Letda Laut (P) Aris Yuwono segera meluncur. Upaya penyelamatan (Search and Rescue) dilakukan di lokasi, yakni di perairan Tanjung Ahus, Nunukan, Kalimantan Utara.

Lebih lanjut Mardiono menjelaskan bahwa kondisi mesin kapal rusak cukup parah sehingga tidak dapat melanjutkan perjalanan. Selanjutnya para awak kapal dan penumpang dievakuasi menggunakan KM Dua Putra untuk melanjutkan perjalanan ke Tarakan.

Kapal tiba pukul 16.00 WITA di lokasi kejadian. Evakuasi terhadap seluruh ABK dan penumpang ke KM Dua Putra berhasil dilakukan.Para ABK beserta 80 penumpang berhasil diselamatkan,” kata Kapten Marinir Mardiono. (TGM)

Related Articles

Close