HeadlineKisah

Begini Definisi Perempuan Tangguh di Mata Presiden Jokowi

Presiden menunjuk perjuangan istri-istri nelayan pesisir Kabupaten Polewali Mandar saat menanti suaminya pulang dari tengah laut sebagai pembawa nafkah utama keluarga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Perempuan tangguh dalam pandangan Presiden Jokowi adalah sosok istri yang mampu meningkatkan perekonomian keluarganya. Presiden menunjuk perjuangan istri-istri nelayan pesisir Kabupaten Polewali Mandar saat menanti suaminya pulang dari tengah laut sebagai pembawa nafkah utama keluarga

“Mereka mengisi penantiannya di anjungan rumah dengan menenun Lipa’ Sa’be,” begitu status Presiden Jokowi di akun Instagramnya @jokowi yang diposting 24 September 2018.

Itulah kain sutra Mandar yang indah beraneka warna. Mereka tenun saat berbulan-bulan menunggu para kepala rumah tangganya.

Kain-kain itu pun mereka serahkan kepada Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).  Menurut Presiden Jokowi itu merupakan satu dari 39.149 BUMDes yang tersebar di seluruh Indonesia.

“BUMDes merupakan pilar kegiatan ekonomi di desa. Kemajuan ekonomi desa sangat besar kontribusinya untuk kemajuan ekonomi bangsa,” demikian Presiden Jokowi menegaskan melalui akunnya itu.

Saat ini banyak ekonomi desa digerakkan oleh BUMDes. Banyak usaha yang mereka andalkan seperti usaha pembuatan paving block, wisata desa, air mineral kemasan, budidaya jamur tiram sampai pengolahan sampah terpadu.(kris)

 

 

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close