News

BMKG: Selat Sunda Dilanda Gempa Magnitudo 4,9, Tak Berpotensi Tsunami

MATA INDONESIA, JAKARTA-Wilayah Selat Sunda kembali diguncang gempa bumi berkekuatan 4,9 magnitudo, Sabtu 12 Januari 2019, pukul 19,04 WIB. Gempa tersebut tak berpotensi tsunami.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat gempa bumi tersebut terletak pada kordinat 6,85 LS dan 104,24 BT atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 158 km arah selatan Kota Agung, Kabupaten Tenggamus Lampung dengan kedalaman mencapai 53 km.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, tampak bawah gempa bumi ini termasuk dalam klasifikasi gempa bumi dangkal akibat aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia ke bawah lempeng Eurasia, tepatnya di zona Megathrust,” tulis BMKG dalam akun resmi instagramnya.

Menurut hasil analisis BMKG, hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi ini dipicu oleh penyesaran naik (thrust fault). Guncangan gempabumi ini dilaporkan dirasakan di daerah Liwa dalam skala intensitas II – III MMI.

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi tidak berpotensi tsunami.

Hingga pukul 19.15 WIB, Hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock). BMKG pun meminta masyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Close
Close