unique visitors counter
News

Bulog Diminta Siap Beli Gabah dan Beras Petani pada Panen Raya Mendatang

Jakarta (MI) – Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution mengatakan pemerintah menyiapkan Badan Urusan Logistik (Bulog) untuk menyerap gabah dan beras petani pada panen raya ini. Panen raya tersebut diperkirakan dimulai pada pertengahan Februari dengan puncaknya di bulan Maret dan April.

 

Pemerintah memberikan fleksibilitas kepada Bulog terkait dengan harga pembelian gabah petani. Fleksibilitas harga tersebut dituangkan sesuai dengan Inpres Nomor 5 Tahun 2015 dan Permentan Nomor 71 tahun 2015.

 

“Harganya pemerintah memberikan fleksibilitas kepada Bulog, jangan sampai Bulog tidak bisa membeli gabah petani karena harganya tidak sesuai,” kata Darmin, di gedung Kementerian Koordinator Perekonomian, Jakarta, Senin (15/1/2018).

 

Di sisi lain, sambil menghadapi panen raya, Darmin juga mengatakan pemerintah menugasi Bulog meneruskan operasi pasar dan pelaksanaan beras sejahtera (rastra) serta meningkatkan jumlah dan jangkauannya berdasarkan stok yang masih ada. Darmin menilai langkah itu juga untuk memulihkan harga pasar beras.

 

“Pelaksanaannya mulai sekarang, dan itu terus dilakukan sampai panen jumlahnya sudah mulai memenuhi kebutuhan,” kata Darmin.

 

Menurut dia, operasi pasar ini akan berlangsung hingga akhir Februari. Jika harga pasar telah pulih, pemerintah akan mengurangi atau menghentikan operasi pasar. (AVR)

Tags

Related Articles

Close