unique visitors counter
News

Efisiensi Distribusi, PLN Bangun Tol Listrik Sumsel Hingga Sumut

Belitung (MI) – PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) menargetkan proyek pembangunan jaringan transmisi 275 KV rampung pada akhir semester I 2018, yang disebut tol listrik. Selesainya proyek ini akan meningkatkan kemampuan penyaluran listrik di sepanjang wilayah Sumatera dari Lahat Sumatera Selatan hingga ke Medan Sumatera Utara.

 

Kepala Divisi Pengembangan PLN Regional Sumatera, Budi Pengestu, mengatakan terbangunnya tol listrik ini diharapkan berdampak pada efisiensi pendistribusian listrik di wilayah Sumatera Bagian Utara.

 

Efisiensi ini mutlak dibutuhkan karena selama ini listrik yang dihasilkan di Sumatera bagian Selatan lebih besar. Sedangkan, kebutuhan listrik justru banyak di bagian Utara karena terdapat kawasan industri yang pembangkitnya terbatas.

 

“Dengan adanya jaringan 275 KV maka listrik dari sumatera bagian Selatan bisa didistribusikan ke bagian Utara,” kata Budi di Belitung, Jumat (15/12/2017).

 

Dampak selanjutnya dari beroperasinya transmisi ini adalah menurunkan Biaya Pokok Produksi (BPP). Selama ini, kebutuhan listrik di Sumatera bagian Utara banyak didominasi oleh pembangkit bertenaga diesel, otomatis membutuhkan biaya cukup besar sehingga berdampak terhadap BPP.

 

“Kalau kita sudah punya jalan tol, kalau yang punya potensi banyak kan di selatan bisa menurunkan BPP yang lebih tinggi BPP di Sumut. Misalkan di Sumut masih operasikan pembangkit BBM di Belawan kalau ini (listrik) bisa dievakuasi kesana kan pasti jauh lebih murah,” katanya.

 

Dia menjelaskan, pembangunan jaringan 275 KV ini dilakukan sejak dua tahun lalu secara bertahap. “Pembangunan bertahap dari Lahat di Sumatera Selatan ke Lubuk Linggau, lalu Payakumbuh ke Padang Sidempuan sampai ke Medan, 2018 diharapkan bisa selesai” ujarnya.

 

Untuk tahap awal tol listrik 275 KV memang direncanakan tersambung hingga ke Medan, namun, kata Budi, PLN sudah merencanakan pembangunannya diteruskan hingga ke Aceh. “Sampai Medan dulu, tapi mungkin beberapa tahun kedepan ke Aceh juga,” tutup Budi. (AVR)

Tags

Related Articles

Close