unique visitors counter
Ekonomi

Awal Tahun, Sulawesi Utara Ekspor 26 Ton Tepung Kelapa ke AS

Manado (MI) – Provinsi Sulawesi Utara pada awal tahun 2018 mengekspor 26 ton tepung kelapa ke Amerika Serikat menyusul permintaan yang cukup tinggi.

 

“Tepung kelapa yang diekspor ke Amerika Serikat itu mampu menghasilkan devisa bagi negara sebesar USD 55.900,” kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulut, Jenny Karouw, Selasa (23/1/2018).

 

Jenny mengatakan, tepung kelapa asal Sulut memiliki kualitas yang bisa diterima pasar internasional. Permintaan tepung kelapa yang tinggi dari berbagai negara tersebut harus dimanfaatkan dengan baik oleh petani dan pengekspor Sulut.

 

“Pembeli asal Eropa, Amerika Serikat, Asia, dan Afrika sangat memperhatikan kualitas, kuantitas, dan kontinuitas pengiriman barang,” katanya.

 

Pemerintah terus mengingatkan agar pengekspor Sulut dapat menjaga akses pasar yang sudah tercipta tersebut. Dengan demikian diharapkan pasar akan merambah ke negara tetangga lainnya di Eropa, Asia, Amerika, dan Afrika lebih besar lagi.

 

Puluhan negara tujuan ekspor tepung kelapa asal Sulut adalah Jerman, Rusia, Cina, Inggris, Belanda, Selandia Baru, Italia, Mesir, Slovenia, Brasil, Australia, Belgia, Uruguay, Amerika Serikat, Korea.

 

Kemudian ke Austria, Afrika Selatan, Hongkong, Taiwan, Uni Arab Emirat, Lithuania, Argentina, Angola, Hungaria, Norwegia, Kasakztan, Polandia, Georgia, Portugal, Latvia, dan Yunani. (AVR)

Tags

Related Articles

Close