unique visitors counter
Ekonomi

Bappenas Targetkan Tahun Ini Tingkat Kemiskinan Turun Jadi 9,5 Persen

Jakarta (MI) – Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) menargetkan tingkat kemiskinan pada tahun 2018 turun hingga menjadi sebesar 9,5 persen.

Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro mengatakan Bappenas memiliki sejumlah strategi dalam penanggulangan kemiskinan di tahun ini.

Highlight penanggulangan kemiskinan pada peningkatan pelaksanaan jaminan dan bantuan sosial tepat sasaran dan pemenuhan kebutuhan dasar,” kata Bambang di Jakarta, Selasa (9/1/2018).

Bambang menguraikan, kemiskinan dapat ditanggulangi dengan pertumbuhan ekonomi dan pengendalian inflasi terutama pada kelompok makanan. Pemerintah juga akan memastikan program-program pengurangan kemiskinan dan perlindungan sosial disalurkan tepat waktu dan sasaran.

Strategi berikutnya yakni penajaman program seperti perbaikan basis data terpadu untuk penargetan penerima bantuan, perluasan program keluarga harapan (PKH) dan integrasi penyaluran bantuan sosial, perluasan bantuan pangan nontunai (BPNT) secara bertahap, peningkatan jangkauan pelayanan dasar seperti air bersih, sanitasi, identitas kependudukan, dan perbaikan tata kelola program penanggulangan kemiskinan.

“Perluasan BPNT dari 1,2 juta keluarga penerima manfaat di 44 kota menjadi 10 juta di 217 kabupaten kota,” kata Bambang.

Bappenas mengumumkan tingkat kemiskinan pada September 2017 sebesar 10,12 persen. Secara year on year, angka kemiskinan turun sebesar 0,58 persen dengan jumlah pengurangan penduduk miskin sebanyak 1,18 juta jiwa. (AVR)

Related Articles

Close