unique visitors counter
EkonomiSosial Budaya

Impor beras untuk tekan HET ditingkat konsumen

Jakarta, MI – Harga beras medium yang beberapa pekan ini terus naik akhirnya disikapi pemerintah dengan akan mengimpor 500.000 ton untuk memperkuat stok dalam rangka menekan harga beras di tingkat konsumen.

Langkah impor beras sebanyak 500.000 ton yang dilakukan oleh pemerintah, dengan pertimbangan antara lain:

1. Dari seluruh bahan pokok, Beras merupakan bahan pokok prioritas. Untuk itu ketersediaan Beras dengan harga terjangkau mutlak untuk dilakukan.

2. Harga Beras medium yang dikonsumsi mayoritas masyarakat Indonesia meningkat dengan sangat tajam dan terjadi kekurangan pasokan dan bahkan kelangkaan di pasar.

3. Untuk itu pemerintah sudah melakukan operasi pasar dengan menjual Beras bulog di semua pasar -pasar rakyat dengan prioritas di daerah yangg harganya tinggi dan pasokannya kosong, dengan harga dibawah HET.

4. Utk mengisi atau meningkatkan cadangan Beras pemerintah Serta melakukan penetrasi pasar dalam waktu yangg singkat, maka pemerintah melakukan impor sebanyak 500.000 ton, dan mulai masuk di akhir Januari sampai Februari.

5.Perkiraan panen raya di akhir Februari dan maret. Walaupun panen raya, Petani tidak akan dirugikan karena hasil panen akan diserap dan dibeli oleh Bulog agar harga di tingkat petani tidak akan jatuh.

6. Impor ditugaskan pada BUMN. Proses impor dilakukan dengan transparan dan akuntabel. Pengawasan impor sangat sederhana, karena akan terlihat berapa yang masuk jadi cadangan dan berapa yang langsung disalurkan ke pasar utk segera mengisi kekosongan pasokan.

(bka)

 

Tags

Related Articles

Close