unique visitors counter
Ekonomi

Punya Kerangka Kebijakan yang Kredibel dan Efektif, Peringkat Investasi Indonesia Kembali Naik

Jakarta (MI) – Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo mengatakan peningkatan peringkat Sovereign Credit Rating Indonesia oleh lembaga pemeringkat Moody`s Investor Service dari Baa3/Outlook Positif menjadi Baa2/Outlook Stabil merupakan bukti peningkatan perbaikan ekonomi.

 

“Dengan perbaikan rating ke level Baa2 oleh Moody`s kini Indonesia telah diakui oleh empat lembaga pemeringkat internasional berada pada satu tingkat lebih tinggi dari level `Investment Grade` sebelumnya,” kata Agus di Jakarta, Jumat (13/4/2018).

 

Agus mengatakan peringkat tersebut merupakan level tertinggi yang pernah dicapai oleh Indonesia dari Moody`s dan merupakan pencapaian besar ketika ketidakpastian ekonomi global yang mempengaruhi perkembangan ekonomi di kawasan masih berlanjut.

 

“Hal ini dapat terwujud melalui konsistensi upaya Bank Indonesia bersama dengan Pemerintah dalam menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan,” kata Agus.

 

Dalam siaran persnya, Moody`s menyatakan faktor kunci yang mendukung keputusan tersebut adalah karena Indonesia mempunyai kerangka kebijakan yang kredibel dan efektif yang dinilai kondusif bagi stabilitas makroekonomi.

 

Peningkatan cadangan devisa dan penerapan kebijakan fiskal dan moneter yang berhati-hati telah memperkuat ketahanan dan kapasitas Indonesia dalam menghadapi gejolak eksternal. (AVR)

Tags

Related Articles

Close