unique visitors counter
Viral

FKUB Lebak, Nilai KH Ma’ruf Amin Mampu Mempersatukan Umat Beragama di Tanah Air

MATAINDONESIA.ID, JAKARTA – Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Lebak KH Baijuri mengatakan KH Ma’ruf Amin mampu mempersatukan umat beragama di Tanah Air.

“Kami yakin kiai yang ditunjuk pendamping Presiden Joko Widodo pada Pilpres 2019 mampu mempersatukan umat beragama,” kata Baijuri saat dihubungi di Lebak, Senin (13/8).

Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Lebak KH Baijuri

Figur KH Ma’ruf Amin sebagai Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) juga Rais Aam PBNU diterima semua kalangan tokoh agama, termasuk di Kabupaten Lebak.

Apalagi, sosok pengasuh Ponpes An Nawawi Tanara sebagai pengarah Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila (UKPPIP). Dimana keberagaman perbedaan agama, ras, budaya, dan bahasa menjadikan kekuatan persatuan dan kesatuan bangsa dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Karena itu, figur Ma’ruf Amin dapat menyatukan keberagamaan perbedaan dengan mengedepankan nilai-nilai toleransi juga saling menghormati dan menghargai.

Selain itu juga mencinta kedamaian, keharmonisan guna mewujudkan cita-cita Indonesia sejahtera dan menjadikan negara besar di dunia.

“Kita optimistis Indonesia menjadi negara besar yang disegani di dunia dengan kekuatan persatuan dan kesatuan bangsa itu,” ujarnya menjelaskan.

Menurut Baijuri, selama ini hubungan antaragama di Kabupaten Lebak berjalan dengan baik juga setiap bulan menggelar pertemuan dan dialog rutin.

Mereka para penganut agama saling menghargai dan menghormati perbedaan keyakinan itu karena negara memberikan jaminan kepada semua warga negara.

“Kami mencintai kedamaian juga saling hormat-menghormati dengan sesama umat manusia,” ujarnya.

Sementara itu, Pendeta Gereja Bethel Indonesia (GBI) Rangkasbitung Rubiyanto mengajak umat nasrani mencintai kedamaian, kerukunan serta toleransi antaragama.

Ia mengapresiasi kerukunan umat beragama di Kabupaten Lebak yang berjalan dengan baik tanpa perpecahan, melalui wadah FKUB.

“Kita mencintai kedamaian dan kebaikan yang harus dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat,” katanya.

Redam Isu Identitas

Pengamat Politik Islam UIN Syarif Hidayatullah yakni Zaki Mubarak mengatakan, dipilihnya Prof Dr KH Ma’ruf Amin sebagai calon wakil presiden Joko Widodo diyakini mampu meredam isu identitas yang selama ini ramai.

Dikatakannya, terpilihnya Prof Dr KH Ma’ruf Amin lebih mencerminkan aspirasi dan kepentingan sejumlah elite Parpol koalisi pendukung Joko Widodo meski membuat kaget aspirasi akar rumput pendukung partai itu.

Tetapi, dengan keberadaan Prof Dr KH Ma’ruf Amin di posisi calon wakil presiden saat ini, bisa “mengerem” isu identitas. “Sebab, Ma’ruf Amin adalah sosok yang dihormati di kalangan ulama,” katanya di Tangerang, Minggu.

Zaki menambahkan, basis massa Nahdlatul Ulama merupakan basis yang sangat gembira menyambut terpilihnya Ma’ruf Amin sebagai cawapres. Begitu juga dengan parpol koalisi yang telah bulat mendukung Joko Widodo akan ikut dari keputusan yang ada.

Dukungan dari basis pemilih Nahdliyin tentu akan all out. Apalagi dengan berkaca pada hasil Pilpres tahun 2014 lalu. Lumbung suara Joko Widodo ada pada warga Nahdliyin.

Namun dengan proses demokrasi yang sekarang ini berbeda dari sebelumnya maka diperlukan strategi khusus lainnya dalam menarik simpatik warga.

Joko Widodo harus kerja keras untuk bisa memperluas market pilihannya dan tak bisa mengandalkan hasil yang lalu.

Sebab, dari hasil proses pemilihan cawapres pun sempat ada perubahan secara mendadak dengan memilih Mahfud MD sebelumnya. “Jika mau, maka Jokowi bisa mengajak Mahfud MD bergabung,” ujarnya.

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close