unique visitors counter
Kisah

Gunung Sinabung Erupsi, Luncurkan Awan Panas Sejauh 4,9 Km

Jakarta (MI) – Gunung Api Sinabung di Kab. Karo, Sumatera Utara erupsi dan meluncurkan awan panas sejauh 4,9 kilometer ke arah tenggara-selatan dan kolom abu mencapai 5000 meter pada Senin (19/2/2018) pagi.

 

Kepala Pos Pemantau Gunung Api Sinabung, Armen Putra, menjelaskan selain mengarah ke tenggara-selatan, luncuran awan panas juga mengarah ke timur-tenggara sejauh 3,9 kilometer.

 

“Warga diimbau untuk menjauhi zona merah,” kata Armen.

 

Selain mengeluarkan material vulkanik, erupsi Gunung Agung juga menyebabkan gempa selama 607 detik. Saat ini kondisi puncak Sinabung masih tertutup abu sehingga secara visual tidak bisa terpantau.

 

“Saat ini arah angin mengarah ke barat dan selatan,” ujar Armen.

 

Setelah erupsi pada pagi hari tersebut, Gunung Sinabung mengalami beberapa erupsi susulan meski dengan frekuensi lebih rendah.

 

Masyarakat di sekitar Sungai Laborus diharapkan untuk terus waspada saat hujan terjadi, karena daerah tersebut merupakan aliran lahar. Gunung Sinabung saat ini masih terus berpotensi terjadi awan panas dan guguran lava, serta erupsi.

 

Terakhir kalinya Sinabung erupsi besar adalah pada 22 Januari lalu ketika melontarkan kolom abu setinggi 3.000 meter. (AVR)

Tags

Related Articles

Close