unique visitors counter
News

Hari Pangan Sedunia, Ini 5 Negara Paling Kelaparan Tahun 2018

MATA INDONESIA, JAKARTA – Hari Pangan Sedunia yang diperingati setiap 16 Oktober masih menyisakan banyak duka di belahan dunia. Kekurangan bahan pangan dan kelaparan masih melanda di beberapa negara.

Dalam data terbaru Global Hunger Index atau Indeks Kelaparan Global 2018, sejak tahun 2000 hingga tahun ini, tingkat kelaparan telah menurun 28 persen.

Tapi angka itu belumlah cukup. Faktanya, satu dari sembilan orang di dunia masih dilanda kelaparan. Indeks Kelaparan Global 2018 juga merangkum negara-negara yang masih bermasalah dengan kecukupan pangan.

Berikut 5 negara paling lapar di dunia menurut Indeks Kelaparan Global 2018:

1. Republik Afrika Tengah

Republik Afrika Tengah ini menempati urutan paling atas dalam daftar negara paling lapar sedunia. Republik ini telah lama menderita ketidakstabilan dan konflik etnis yang tak kunjung mereda hingga.

Kondisi ini mengaganggu produksi pangan dan lebih satu juta orang tergusur. Satu dari lima orang di republik ini menderita kelaparan dan separuh penduduknya membutuhkan bantuan kemanusiaan.

2. Chad

Kekeringan dan hujan yang tak dapat diprediksi di negara yang berada di Afrika tengah ini telah membuat panen bahan pangan gagal total. Kondisi Chad diperparah dengan datangnya pengungsi akibat konflik dari Nigeria, Republik Afrika Tengah dan Sudan yang membutuhkan makanan darurat.

Satu per tiga penduduk Chad mengalami masalah kekurangan gizi kronis, termasuk 40 persen dari anak-anak di bawah usia 5 tahun.

3. Yaman

Invasi brutal Arab Saudi dan koalisinya terhadap Yaman dalam beberapa tahun terakhir ini telah berdampak penderitaan dan krisis pangan.

Tahun ini, masih ada 18 juta warga Yaman yang menghadapi kelaparan dan 8 juta berpotensi mengalami hal yang sama. Lebih dari 11 juta warga Yaman membutuhkan bantuan kemanusiaan untuk bertahan hidup di tengah perang yang belum kelar.

4. Madagaskar

Kombinasi antara badai ekstrem, kekeringan dan serangan belalang telah benar-benar membuat gagal panen dan kelaparan meluas di Madagaskar. Hampir 50 persen balita di negara ini mengalami kekurangan gizi dan separuh penduduknya menderita kelaparan.

5. Zambia

Negara ini sebenarnya sudah cukup bisa tersenyum setelah konflik panjang berakhir dan semua orang bisa menikmati perdamaian serta stabilitas negara. Namun, perubahan iklim tak bisa dilawan. Gagal panen melanda Zambia, mengakibatkan 60 persen penduduknya miskin dan kelaparan.

Selain kelima negara tersebut, pada peringkat selanjutnya dalam catatan Indeks Kelaparan Global 2018 adalah Sierra Leone, Haiti, Sudan, Afganistan dan Timor Leste. (Awan)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close