unique visitors counter
Hukum

Perti Jabar Deklasasikan Anti Radikalisme dan Kawal Keutuhan NKRI Berdasarkan Pancasila

Bandung (MI)- Pasca keluarnya Perpu Nomor : 2/2017 tentang Ormas, dukungan dari berbagai elemen masyarakat terus mengalir. 44 (empat puluh empat) perguruan tinggi PTN dan PTS di Jawa Barat deklasarikan penolakan terhadap Radikalisme bertempat di kampus Unpad Jln. Dipati Ukur No. 35 Bandung , Jum’at (14/7).

Dalam catatan Mataindonesia, sejumlah perguruan tinggi PTN/ PTS terkemuka yang bergabung dalam wadah tersebut antara lain Unpad sekaligus sebagai tuan rumah, ITB, IPB, UPI, UIN, UNPAS, UNPAR dan sejumlah perguruan tinggi lainnya di Jawa Barat.

Selain itu, Pemerintahan di Jawa Barat (Pemrov Jabar, Kodam III/Slw, Polda Jabar, Kejati Jabar dan DPRD Jabar) ikut bergabung dalam forum tersebut. Tampak hadir dalam acara tersebut Menristekdikti Mohamad Nasir, Menkominfo Rudiantara, Sekretaris Utama BNPT, Gubernur Jawa Barat dan jajaran Forkopimda Jabar, serta sejumlah Rektor dan pimpinan PTN/PTS di Jabar.

Para Pimpinan perguruan Tinggi se-jabar turut prihatin terhadap perkembangan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara akhir-akhir ini, khususnya radilakisme dan terorisme.

Deklarasi itu sendiri berisi empat hal; Pertama, Menyatakan kesetian kepada NKRI, Pancasila, UUD 1945 dan Bhineka Tunggal Ika dalam kehidupan berbangsa dan bernegara; Kedua, Bertekat menyiapkan dan membentuk generasi muda yang memiliki jiwa nasionalisme yang kuat, demokratis, jujur dan berkeadilan; Ketiga, Menolak organisasi dan aktivitas yang berorientasi dengan gerakan radilkalisme, terorisme dan Ormas/Orpol yang bertentangan dengan Pancasila dan UUD 1945; Keempat, Mengajak seluruh eleman bangsa untuk melakukan upaya pencegahan dan penyebaran pahan radikal, terorisme atau paham dan ideology lain yang bertentangan dengan Pancasila dan UUD 1945. (TGM)

Related Articles

Close