unique visitors counter
Hukum

Terpidana Teroris Umar Patek, Pengibar Bendera HUT-RI Ke-72 di Lapas Sidoarjo

Jakarta (MI)-  Suatu yang unik dan langka terjadi dalam rangkaian memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-72,  di Kab. Sidoarjo, Jatim. Pasalnya kali ini terpidana teroris Umar Patek alias Hisyam bin Alizein  menjadi petugas pengibar bendera merah-putih pertama kalinya dalam upacara Peringatan Kemerdekaan Indonesia di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Porong Sidoarjo, pada Kamis (17/8) tadi padi.

Kepala Biro Humas Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham), Lilik Bambang mengatakan, wacana Umar menjadi pengibar bendera karena sukarela. Lilik menuturkan, Umar memilih menjadi pengibar bendera pertama yang sempat menjadi terpidana teroris. Umar pun tidak dipaksa untuk melakukan pengibaran bendera itu, ujarnya.

Lebih lanjut Lilik mengatakan  bahwa Umar Patek menjadi petugas pengibar bendera tanpa syarat apapun diberikan kepadanya. Ini murni karena Umar cinta kepada bangsa dan tidak ada perlakuan khusus diberikan kepadanya,”ujar Lilik, di Jakarta,  (16/8).

Lilik  pun menjelaskan pula bahwa pengibaran bendera merah putih bukan lah pertama kali di Lapas Porong Sidoarjo dan  Umar  juga pernah menjadi petugas pengibar bendera dalam peringatan hari Kebangkitan Nasional pada 2015 dua  tahun yang lalu, tandasnya.

Lilik juga menyampaikan bahwa Umar bersedia ikut menjadi petugas upacara Kemerdekaan Indonesia menunjukan upaya proses pembinaan terhadap warga binaan di Lapas Porong oleh petugas Pemasyarakatan berjalan dengan baik, ujarnya

Kepala Biro Humas Kemenkumhan itu juga menyampaikan bahwa selain sosok Umar Patek yang menjalani hukuman di Lapas Porong,  terdapat beberapa nama beken lainnya seperti Suud Rusli terpidana hukuman mati untuk kasus Pembunuhan Bos Asyaba Boedyharto Angsono dan pengawalnya, Edy Siyep, tuturnya.

Lilik berharap apa yang dilakukan oleh Umar Patek dapat memberikan inspirasi kepada WBP lainnya,  terutama kepada kasus terorisme supaya sadar dan kembali memberikan yang terbaik kepada tanah air, pungkasnya. (TGM)

Tags

Related Articles

Close