unique visitors counter
News

Ini Enam Langkah PSSI Usai Tragedi Berdarah di GBLA

Ketua Umum PSSI Edy Rahmayadi telah mengumumkan Liga 1 dihentikan hingga waktu yang belum ditentukan.

MATA INDONESIA, JAKARTA-Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) merumuskan enam langkah terkait insiden berdarah, kasus meninggalnya suporter Persija, Haringga Sirila usai dikeroyok oknum suporter Persib.
Ketua Umum PSSI Edy Rahmayadi telah mengumumkan Liga 1 dihentikan hingga waktu yang belum ditentukan. PSSI ingin melakukan investigasi lebih dulu terkait kasus berdarah tersebut.
“Kami sudah rapat dengan segenap anggota Komite Eksekutif dan membahas masalah ini agar tidak terjadi polemik. Kami punya aturan dan kami tak boleh keluar dari aturan,” ujar Edy di Jakarta, Selasa 25 September 2018.
PSSI tidak mempersoalkan hal-hal yang tidak perlu dipersoalkan, harus fokus. “Ke depan, Insya Allah dengan hati bersih kami bisa menyelesaikan,” katanya.

Berikut adalah langkah yang diambil PSSI setelah memutuskan menghentikan Liga satu.

1. Komisi disiplin PSSI akan segera melakukan investigasi terkait kasus kematian Haringga Sirila. Investigasi akan tetap terus dilanjutkan. Sesuai dengan aturan, hukuman terendah adalah teguran finansial, sampai tingkat diskualifikasi. Kepastian hukuman menunggu sidang Komisi Disiplin. Edy Rahmayadi mengingatkan bahwa PSSI berani mengambil sanksi diskualifikasi.

2. PSSI akan segera membuat Standar Operasional Prosedur (SOP) yang lebih jelas dalam rangka meredam dan menghentikan kegiatan-kegiatan merugikan.

3. PSSI akan segera melaporkan dan berkoordinasi dengan pihak AFC dan FIFA terkait dengan penghentian kompetisi Liga 1.

4. PSSI akan segera berkoordinasi dengan pihak terkait yakni Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI), Kemenpora, dan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI).

5. Koordinasi dengan aparat kepolisian untuk merumuskan bagaimana langkah terhadap penanganan kasus dan keamanan pertandingan.

6. PSSI akan segera melakukan konsolidasi dengan klub dan para suporter. (Tiar Munardo)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close