News

Jokowi: Bela Negara dengan Kerja Nyata, Tak Cukup Hanya Kumpul Massa

MATA INDONESIA, JAKARTA – Presiden Joko Widodo kembali mengingatkan bahwa membela negara tidaklah mudah. Dibutuhkan banyak cara untuk menjaga NKRI tetap kuat dan berdaulat, terutama dengan kerja nyata.

“Tugas saudara tidak mudah. Tidak hanya cukup dengan mengumpulkan masa, tapi kerja nyata,” kata Jokowi di hadapan peserta Jambore Kebangsaan Bela Negara Keluarga Besar Forum Komunikasi Putra Putri TNO-Polri (FKPPI) 2018, di Jakarta, Jumat 7 Desember 2018.

Jokowi juga mengingatkan agar semua elemen selalu menjaga Pancasila dan memastikan nilai-nilainya diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Apalagi di tengah keragaman suku, agama, tradisi, dan bahasa, maka perpecahan harus dihindari. Persatuan, kerukunan, dan persaudaraan harus terus dirawat, pesan Jokowi.

“Jangan sampai ideologi impor menggeser Pancasila yang pada akhirnya mengoyak NKRI, mengoyak merah putih,” ujar Jokowi.

Jokowi menegaskan, membela negara bisa dilakukan dengan beragam cara, salah satunya melalui profesi. Misalnya, menjadi dokter yang menangani kesehatan di daerah terpencil atau menjadi insinyur yang bisa merencanakan proyek konstruksi, menjadi guru, pengusaha, serta lainnya.

“Bela negara juga bisa dilakukan jadi pribadi terbaik, yang berkarakter. Yang pasti, kepentingan pribadi jangan diletakkan di atas kepentingan Pancasila,” kata Jokowi. (Ryan)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close