Kisah

JP Soebandono: The Meaning Of Life

Jakarta (MI) – Guru Besar UI, sekaligus dosen UIN Syarif Hidayatullah, Dr. Drs. Joni Pasifio Soebandono, M.Si, MM meluncurkan buku berjudul Pencarian Makna Kehidupan dalam acara bertema Seminar Nasional dan Peluncuran Buku The Meaning of Life. Acara tersebut bertempat di Fakultas Psikologi UIN Syarif Hidayatullah, dan diisi oleh Prof Dr. Komarudin Hidayat, dan Prof. Dr. Mochamad Enoch Markum.

 

Guru Besar yang akrab disapa JP Soebandono itu berharap buku tersebut dapat bermanfaat dan memberikan nilai-nilai bagi kehidupan seluruh pembaca, terutama untuk meningkatkan soft skill di bidang kepemimpinan.

 

“Buku ini tidak untuk dijual, tetapi untuk mewariskan nilai-nilai yang diajarkan oleh orang tua kepada anak cucu saya. Namun jika dibaca dan disebarkan akan sangat bagus, sehingga nilai-nilai itu dapat diterima dan menambah kemampuan masyarakat. Itu semua diluar ilmu pengetahuan, atau yang sekarang dikenal dengan istilah soft skill”, ungkapnya saat ditemui usai acara.

 

Untuk menjadi seorang pemimpin, JP menyebut tidak ada satu rumus pun yang dapat dipergunakan untuk permasalahan di masa yang berbeda, karena teori kepemimpinan itu sifatnya situasional.

 

“Generasi milenial, itu berbeda dengan generasi saya. Mereka cenderung terbuka, maka leader yang sekarang dituntut untuk menyesuaikan diri, para pemimpin harus menyadari apa yang terjadi ditengah masyarakat” sambung JP.

 

Kemampuan leadership yang harus dimiliki para pemimpin di era ini adalah kemampuan membaca situasi atau dinamika yang berkembang dimasyarakat, sehingga gaya kepemimpinan dan perumusan kebijakan sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

 

“Hingga saat ini, saya rasa belum ada pemimpin yang dapat memenuhi itu” tambahnya. (FR)

Tags

Related Articles

Close