unique visitors counter
News

Kembangkan Pesawat N219 dan N245, PT DI Diguyur Duit 400 Juta Dolar AS

MATA INDONESIA, JAKARTA – PT Dirgantara Indonesia (DI) mendapat kucuran dana segar senilai 400 juta dolar AS atau setara Rp 5,840 triliun untuk pengembangan pesawat N219 dan N245 sebagai proyek strategis nasional.

Anggaran itu berasal dari Pembiayaan Investasi Non Anggaran Pemerintah (PINA),” ujar Direktur Keuangan PT DI, Ahyanizzaman dalam keterangan resminya, seperti dikutip dari laman resmi Kementerian BUMN, Kamis 8 November 2018.

Ahyanizzaman menyebut dana itu sebagian akan digunakan untuk peningkatan kapasitas produksi pesawat N219 Nutanio dengan alokasi 100 juta dolar AS. Bagian yang lebih besar yakni 300 juta dolar AS dipakai untuk pengembangan pesawat N245.

N219 akan jadi fokus utama perusahaan plat merah itu kali ini. Soalnya, pesawat yang melewati uji terbang perdana pada Agustus 2017 lalu itu sampai sekarang masih dalam tahap pengujian sertifikasi untuk keamanan dan keselamatan pengguna.

Pesawat ini nantinya akan diproduksi secara bertahap. Sebanyak 6 unit awal akan dibuat menggunakan kapasitas produksi eksisting, lalu dilakukan sistem automasi proses manufaktur secara bertahap

“Target kami sampai 36 unit per tahun,” ujar Ahyanizzaman.

Sedangkan untuk N245, pesawat yang bobotnya lebih ringan dengan kapasitas 50 penumpang ini sudah memasuki tahap desain melalui pengujian di fasilitas wind-tunnel atau terowongan angin.

 

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Close
Close