unique visitors counter
Ekonomi

Menkeu: Tingkat Penyerapan Belanja Kementerian dan Lembaga Naik Dibanding Periode Sama Tahun Lalu

Jakarta (MI) – Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan tingkat penyerapan belanja kementerian dan lembaga sampai dengan 28 Februari 2018 relatif lebih tinggi dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

 

Dalam konferensi pers di Jakarta, Senin (12/3/2018), Sri Mulyani menyebutkan ada 10 dari 15 kementerian dan lembaga dengan anggaran terbesar yang tingkat penyerapannya lebih tinggi dibandingkan tahun lalu.

 

Kementerian dan lembaga tersebut antara lain Kementerian Pertahanan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Polri, Kementerian Kesehatan, dan Kementerian Keuangan.

 

Kemudian, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi; Kementerian Sosial; Kementerian Hukum dan HAM; Kementerian Kelautan dan Perikanan; dan Mahkamah Agung.

 

“Terjadi kenaikan yang luar biasa tinggi untuk Kemensos. Realisasinya mencapai Rp5,2 triliun termasuk bansos dibandingkan tahun lalu Rp500 miliar dan bahkan pada Februari 2016 hanya membelanjakan Rp100 miliar,” kata Sri Mulyani.

 

Kementerian Keuangan mencatat total realisasi penyerapan belanja seluruh kementerian dan lembaga sampai dengan 28 Februari 2018 mencapai Rp55,2 triliun atau 6,5 persen terhadap APBN 2018.

 

Sementara pada periode yang sama tahun sebelumnya, total realisasi belanja kementerian dan lembaga mencapai Rp43,9 triliun atau 5,5 persen terhadap APBNP 2017. (AVR)

Tags

Related Articles

Close