unique visitors counter
Viral

Mogok, Tergelincir Hingga Jatuh Jadi “Langganan” Lion Air Selama Penerbangan

MATA INDONESIA, JAKARTA-Penerbangan di Indonesia saat ini tengah menjadi sorot dunia. Pasalnya, salah satu perusahaan penerbangan Indonesia, Lion Air JT610 mengalami kecelakaan dan jatuh di Perairan Tanjung Karawang, Senin 29 Oktober 2018. Dalam insiden tersebut menewaskan 189 orang.

Maskapai tersebut dikenal sebagai salah satu penerbangan berbiaya murah. Meskipun kerap dikeluhkan konsumennya karena sering terlambat dan hal-hal lain, Lion Air tetap mendapat pangsa pasar terbesar dibandingkan maskapai lainnya.

Maskapai penerbangan Lion Air tercatat telah berkali-kali mengalami kecelakaan. Dan terbaru itu jatuhnya pesawat Lion Air JT 610 di perairan Tanjung Karawang dan insiden tertabraknya sayap pesawat di Bandara Fatmawati, Bengkulu. Nah, berikut ini kecelakaan yang dialami oleh Lion Air selama penerbangan:

  1. Pada 14 Januari 2002

Pesawat Lion Air rute Jakarta-Pekanbaru-Batam mengalami kecelakaan ketika akan tinggal landas di Bandara Sultan Syarif Kasim II, Pekanbaru. Pesawat gagal tinggal landas dan terjerembab setelah lima meter meninggalkan landasan pacu. Tujuh penumpang luka-luka dam patah tulang pada kejadian tersebut.

  1. 31 Oktober 2003

Pesawat Lion Air dengan rute Ambon-Makassar-Denpasar gagal mendarat dengan sempurna di Bandara Hasanuddin, Makassar. Pesawat keluar jalur ketika akan mendarat.

  1. 3 Juli 2004

Lion Air rute Jakarta-Palembang tergelincir saat akan mendarat di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II, Palembang.

  1. 30 November 2004

26 penumpang tewas akibat pesawat Lion Air rute Jakarta-Solo-Surabaya tergelincir saat akan mendarat di Bandara Adisumarmo, Solo. Berdasarkan penyelidikan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), kecelakaan tersebut akibat sistem pendaratan pesawat yang tidak sempurna ditambah cuaca buruk.

  1. 10 Januari 2005

Pesawat Lion gagal lepas landas di Bandara Wolter Monginsidi, Kendari karena salah satu bannya kempis.

  1. 3 Februari 2005

Pesawat Lion Air rute Ambon-Makassar tergelincir saat mendarat di Bandara Hasanuddin, Makassar.

  1. 12 Februari 2005

Lion Air kembali tergelincir saat akan lepas landas dari Bandara Selaparang, Mataram. Roda depan pesawat keluar sekitar setengah meter di sebelah utara pinggir landasan pacu.

  1. 6 Mei 2005

Pesawat Lion Air rute Jakarta-Makassar pecah ban saat mendarat di Bandara Hasanuddin, Makassar yang mengakibatkan pilot menghentikan pesawat di landasan pacu sebelum mencapai tempat parkir.

  1. 24 Desember 2005

Pesawat Lion Air rute Jakarta-Makassar-Gorontalo kembali tergelincir saat akan mendarat di Bandara Hasanuddin, Makassar.

  1. 18 Januari 2006

Pesawat rute Ambon-Makassar-Surabaya kembali tergelincir saat akan mendarat di Bandara Hasanuddin, Makassar.

  1. 4 Maret 2006

Pesawat Lion Air rute Denpasar-Surabaya lagi-lagi tergelincir saat akan mendarat di Bandara Juanda, Surabaya karena cuaca buruk.

  1. 7 April 2006

Pesawat Lion Air rute Pekanbaru-Jakarta batal lepas landas di Bandara Sultan Syarif Kasim II, Pekanbaru karena roda kiri tiba-tiba tidak bergerak padahal pesawat sudah menuju landasan dan siap terbang.

  1. 24 Desember 2006

Pesawat Lion Air rute Jakarta-Makassar-Gorontalo kembali tergelincir di Bandara Hasanuddin, Makassar.

  1. 19 Maret 2007

Pesawat Lion Air rute Banjarmasin-Surabaya batal lepas landas meskipun sudah sempat meluncur di landasan pacu Bandara Sjamsudin Noor, Banjarmasin.

  1. 23 Februari 2009

Pesawat Lion Air rute Medan-Batam-Surabaya harus mendarat darurat di Bandara Hang Nadim, Batam karena roda depan macet.

  1. 9 Mei 2009

Pesawat Lion tergelincir di Bandara Soekarno-Hatta, Banten

  1. 3 November 2010

Pesawat Lion Air kembali tergelincir di Bandara Supadio, Pontianak.

  1. 14 Februari 2011

Pesawat Lion Air tergelincir di Bandara Sultan Syarif Kasim II, Pekanbaru. Meskipun semua penumpang selamat, kejadian itu membuat Ditjen Perhubungan Darat melarang semua pesawat Boeing 737-900ER mendarat di Pekanbaru apabila landasan basah.

  1. 15 Februari 2011

Boeing 737-900ER Lion Air rute Medan-Pekanbaru-Jakarta kembali tergelincir di Pekanbaru. Seluruh roda pesawat keluar dari landasan tanpa ada penumpang yang terluka.

  1. 23 Oktober 2011

Pesawat Lion Air kembali tergelincir di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman, Balikpapan.

  1. 13 April 2013

Pesawat Lion Air rute Bandung-Denpasar tidak hanya tergelincir peswat juga terperosok ke laut di Bandara Ngurah Rai, Denpasar

  1. 19 April 2013

Berselang enam hari ke kemudian di bandara yang sama, pesawat Lion Air dari Denpasar batal terbang menuju Jakarta karena mengalami masalah mesin.

  1. 21 April 2013

Dua hari kemudian, Lion Air tujuan Pontianak-Jakarta tiba-tiba mengeluarkan masker oksigen setelah 20 menit tinggal landas dari Bandara Supadio, Pontianak.

  1. 6 Agustus 2013

Bukan masalah mesin, roda atau cuaca, pesawat Lion Air rute Makassar-Gorontalo menabrak sapi saat mendarat di Bandara Jalaluddin, Gorontalo.

  1. 2 Februari 2014

Pesawat Lion Air rute Balikpapan-Surabaya mengalami pendaratan keras di Bandara Juanda. Akibatnya, dua penumpang mengalami luka serius dan tiga luka ringan.

  1. 18 Februari 2015

Pesawat Lion Air mengalami keterlambatan hingga tiga hari diduga karena pesawat menabrak burung saat tinggal landas sehingga mengalami kerusakan. Akibatnya, sekitar 2.000 penumpang Lion Air terlantar di Terminal 1 Bandara Soekarno-Hatta.

  1. 24 April 2015

Pesawat Lion Air rute Kualanamu-Soekarno Hatta mengalami ledakan di bagian belakang pesawat ketika akan tinggal landas menuju Jakarta. 214 penumpang dan kru selamat meskipun ada tiga penumpang mengalami luka serius.

  1. 3 Agustus 2017

Pesawat Lion Air yang baru mendarat di Bandara Kualanamu, Deli Serdang dari Bandara Sultan Iskandar Muda, Banda Aceh bersenggolan sayap dengan pesawat Wings Air yang akan terbang menuju Bandara Cut Nyak Dien, Meulaboh.

Meskipun Lion Air sudah berusaha menghindar ke kanan, tabrakan antarsayap tetap terjadi sehingga bagian sayap kedua pesawat rusak. Beruntung, tidak ada korban jiwa akibat kejadian tersebut.

  1. 29 April 2018

Pesawat Lion Air rute Makassar-Gorontalo tergelincir saat akan mendarat di Bandara Jalaluddin. Tidak ada korban jiwa akibat peristiwa tersebut.

  1. 29 Oktober 2018

Pesawat Lion Air JT 610 mengalami kecelakaan, jatuh di perairan Tanjung Karawang, Jawa Barat. Pesawat hilang setelah tinggal landas dari Bandara Soekarno-Hatta sekitar pukul 06.20 WIB dan diperkirakan tiba di Pangkalpinang pukul 07.20 WIB. Pesawat membawa 189 orang.

  1. 7 November 2018

Pesaawat Lion Air tujuan Bengkuli-Jakarta mengalami insiden sayap pesawat sebelah kiri menabrak tiang di Bandara Fatmawati, Bengkulu. (Imam Bachtiar)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close