unique visitors counter
Gaya Hidup

Nah, Kesepian Ternyata Bikin Seseorang Cepat Mati

MATA INDONESIA, JAKARTA – Kamu yang saat ini masih sering merasa kesepian sepertinya harus mulai giat mencari aktivitas dan memperbanyak teman. Syukur-syukur kalau mendapat pacar atau pasangan.

Soalnya, sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa kesepian memberi efek ganda pada diri kamu. Mulai dari kesehatan mental hingga fisik yang membuatmu berpotensi hanya memiliki usia pendek alias cepat mati.

Mengutip Forbes, kesepian erat kaitannya dengan depresi. Dalam keadaan ini, seseorang rentan mengisolasi diri dan mulai cenderung anti-sosial.

Kesepian juga buruk untuk kesehatan otak, terutama fungsi eksekutif dan kognitif akan melemah, lalu berujung pada penyakit alzheimer.

Selain itu, masalah otak yang terganggu akibat kesepian juga meningkatkan risiko seseorang mengalami demensia di hari tua hingga 40 persen.

Fisik pun akan terkena dampak dari perasaan yang selalu kesepian. Perasaan tersebut dapat meningkatkan gen peradangan sembari menurunkan gen anti-virus di dalam tubuh.

Kesepian meningkatkan aktivitas sistem saraf simpati yang bertanggung jawab merespon stres dan ancaman dari luar.

Satu-satunya cara untuk mengatasi kesepian adalah dengan memperbanyak koneksi sosial, baik obrolan ringan, hubungan pertemanan hingga jalinan hubungan percintaan.

Buat kamu yang masih kesepian, mau sampai kapan seperti itu terus? (Awan)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close