unique visitors counter
Politik

GWP, Kepercayaan Masyarakat Terhadap Pemerintahan Jokowi tertinggi di Dunia

Jakarta (MI) – Gallup World Poll (GWP) menyebut tingkat kepercayaan masyarakat Indonesia terhadap pemerintah sangatlah tinggi karena kinerja pemerintah yang semakin membaik, sehingga mampu dirasakan oleh masyarakat.

Indonesia meraih hasil yang cukup positif dalam sebuah survei yang dilakukan oleh lembaga survey internasional yang berbasis di Amerika Serikat, yaitu tidak tanggung-tanggung, GWP menyebut bahwa tingkat kepercayaan masyarakat Indonesia terhadap pemerintahan Jokowi-JK merupakan yang tertinggi di dunia.

“Pemerintahan Presiden Jokowi memang pantas bangga dengan hasil survei ini. Apalagi Indonesia berada di atas negara-negara yang masuk dalam lima besar negara paling bahagia,” demikian disampaikan Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika (Dirjen IKP Kemkominfo) Niken Widiastuti kepada wartawan di Jakarta pada Sabtu (22/7).

Meskipun hasil survei tersebut menyatakan bahwa tingkat kepercayaan masyarakat Indonesia terhadap pemerintahannya lebih tinggi dibandingkan dengan masyarakat yang mendiami sepuluh negara paling bahagia di bumi ini, ada beberapa hal terkait kondisi di tanah air, yakni penghargaan tersebut diberikan saat beberapa harga kebutuhan pokok dan listrik mengalami kenaikan. Niken sendiri tidak merinci lebih lanjut apa yang dijadikan tolok ukur GWP dalam survei tersebut.

Seperti diketahui, hasil survei negara paling bahagia yang dilakukan oleh PBB dalam laporan World Happiness Report alias Laporan Kebahagiaan Dunia 2017 adalah Norwegia, Denmark, Islandia, Swiss, Finlandia, Belanda, Kanada, Selandia Baru, Austria dan Swedia. Indonesia sendiri berada di peringkat ke-81 dari 155 negara dari hasil survei tersebut. Dalam survei ini, yang diukur adalah perhatian, kebebasan, keramahan, kejujuran, kesehatan, pendapatan, dan pemerintahan yang baik.

Selanjutnya seperti diketahui, berdasar data Organization for Economic Co-operation and Development (OECD), dalam publikasinya Government at a Glance 2017 yang dipublikasikan pada 13 Juli 2017, Indonesia menduduki peringkat pertama untuk Trust and Confidence in National Government.

“Indonesia menduduki ranking pertama dalam hal Trust and Confidence in National Government (Tingkat Kepercayaan Masyarakat terhadap Pemerintahnya) berdasarkan Gallup data,” demikian Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati usai memberikan laporan kepada Presiden di Kantor Presiden, Jakarta, pada Selasa (18/7) lalu. Menurut Sri Mulyani, laporan tersebut merangkum berbagai indikator pencapaian sektor publik (pemerintah) dari negara-negara yang tergabung dalam OECD serta beberapa negara lain, termasuk Indonesia.

Berdasarkan hasil survei ini, Indonesia bersama Swiss menduduki ranking tertinggi untuk kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah, dengan tingkat kepercayaan sebesar 80%. Sri Mulyani menyatakan bahwa tingkat kepercayaan yang diraih Indonesia lebih tinggi jika dibandingkan dengan raihan negara-negara maju seperti Amerika Serikat (30%), Inggris (31%), Jerman (55%) dan Perancis (28%). (TGM)

Tags

Related Articles

Close