unique visitors counter
Politik

Mendagri : Kualitas Parpol Penentu Kualitas Demokrasi

Jakarta (MI) – Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menilai kualitas partai politik merupakan faktor penentu kualitas demokrasi. Maka itu, menurutnya jumlah parpol yang sedikit dengan ambang batas lebih baik ketimbang masyarakat disodorkan banyak parpol.

Lebih lanjut Tjahyo mengatakan, sekarang boleh muncul 4, 5 partai baru, tapi yang menentukan dia bisa ikut terlibat pengambilan kebijakan di DPR tergantung ambang batas. Maka ambang batas dari tahun ke tahun harus meningkat. Sekarang 3,5 mungkin bisa besok 5 persen, 10 persen. Bukan mematikan parpol. Kuncinya masyarakat memilih yang menentukan,” ujarnya di Hotel Kartika Chandra, Jakarta, Selasa (5/12).

Tjahyo juga mengatakan  parpol bersinggungan langsung dengan penyelenggara keputusan politik seperti DPR, DPRD, kepala daerah, dan presiden. Sehingga, kualitas parpol menentukan kualitas pilihan dalam pemilu.

Pada Pilkada Serentak 2018 dan Pemilu 2019 diharapkan terjadi kontestasi yang mengedepankan program dan konsep.

“Politik uang dan politik identitas harus dihindarkan demi perbaikan kualitas demokrasi. Karena itu Tjahjo mendorong untuk konsolidasi demokrasi pada tahun mendatang” pungkas Tjahyo.  (TGM)

Tags

Related Articles

Close