unique visitors counter
Politik

PPATK: Bank Daerah Rentan Dimanfaatkan Untuk Kampanye

Jakarta (MI) – Kepala Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) Kiagus Ahmad Badaruddin menyebutkan perbankan daerah rentan dimanfaatkan oleh calon kepala daerah untuk pembiayaan pemilihan kepala daerah. Badaruddin mengatakan hal tersebut berdasarkan kajian yang dilakukan PPATK.

 

“Perbankan, khususnya bank daerah, rentan dan berpotensi digunakan dan dimanfaatkan oleh para calon kepala daerah,” kata Badaruddin dalam acara Pertemuan Tahunan PPATK di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Selasa (16/1/2018).

 

Perbankan daerah disebut rentan, menurut Badaruddin, karena dimanfaatkan untuk membiayai segala bentuk kampanye dan memuluskan jalan menjadi kepala daerah. Modusnya bisa melalui bentuk pengucuran kredit dalam jumlah besar kepada masyarakat.

 

“(Padahal) para penerima manfaat sebenarnya adalah para calon kepala daerah yang akan bertarung,” ujar Badaruddin.

 

Mengingat potensi ini, PPATK mengingatkan perbankan agar lebih berhati-hati dalam menjalankan transaksi. Apalagi, akan ada 171 pilkada serentak yang akan digelar tahun ini. “PPATK mengimbau dan memperingatkan perbankan, khususnya bank daerah untuk tidak melakukan kegiatan operasional bank yang tidak sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” kata Badaruddin. (AVR)

Tags

Related Articles

Close