unique visitors counter
Gaya Hidup

Siapa Bilang Seorang Pemalas Cenderung Bodoh? Ini Faktanya

MATA INDONESIA, JAKARTA – Ada stigma lain yang biasa melekat pada seorang pemalas, yakni bodoh. Tapi, apakah anggapan bahwa setiap pemalas adalah seorang yang bodoh, atau memeliki kecenderungan tersebut?

Hasil penelitian yang dipublikasi dalam Journal of Health Psychology menepis anggapan bahwa sifat malas seseorang berhubungan dengan kebodohan.

Hasil riset justru menemukan fakta lainnya yang mengejutkan. Ternyata orang yang pintar justru memiliki kecenderungan suka bermalas-malasan.

Para peneliti dari Gulf Coast University of Florida, AS, yang dipimpin Todd McElroy ini menyimpulkan, orang-orang yang memiliki IQ di atas rata-rata cenderung tidak mudah bosan dan lebih banyak menghabiskan waktunya selama berjam-jam, sambil bermalas-malasan untuk memecahkan sebuah masalah.

“Justru mereka yang aktif secara fisik dengan IQ standar membutuhkan lebih banyak pekerjaan dengan tujuan merangsang pikiran,” kata McElroy, mengutip boldsky.com.

Beberapa mahasiswa dilibatkan dalam penelitian ini. Mereka digolongkan dalam dua kelompok, yaitu 30 mahasiswa pemikir dan 30 mahasiswa non-pemikir dari daftar peserta. Kedua kelompok ini diuji dengan serangkaian tes yang merangsang IQ.

Hasilnya, kelompok non-pemikir lebih banyak beraktivitas untuk membantu penyelesaian masalah, dibanding kelompok pemikir yang tampak lebih santai.

“Dari fakta ini kami simpulkan tidak selamanya seorang yang malas memiliki pikiran yang dangkal atau bodoh,” ujar McElroy.

Namun, ia tetap menyarankan bagi siapapun yang senang bermalas-malasan agar lebih banyak melakukan aktivitas fisik untuk menunjang kesehatan tubuh. (Awan)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close