unique visitors counter
News

Waspadai Hujan Angin, BMKG Perkirakan Terjadi Hingga Dua Hari Kedepan

MATA INDONESIA, JAKARTA-Hujan angin disertai kilat akan terjadi di sebagian wilayah Indonesia mulai besok , 10 November hingga Minggu 11 November 2018. Untuk itu, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) meminta masyarakat agar selalu waspada akan terjadinya peningkatan ini.

Kepala Bagian Hubungan Masyarakat (Humas) BMKG Indonesia, Hary Djatmiko mengatakan pada Sabtu, 10 November 2018 wilayah-wilayah yang berpotensi hujan lebat disertai angin kencang dan kilat diantaranya Sumatra Utara, Riau, Lampung, Jawa Tengah, Bali, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Tengah, Gorontalo, Sulawesi Utara dan Papua.

Sementara wilayah yang berpotensi hujan lebat disertai angin kencang dan kilat atau petir di tanggal yang sama diantaranya Aceh, Jambi, Sumatra Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Bengkulu, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Yogyakarta, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Barat dan Kalimantan Selatan.

Ia menambahkan, hujan juga berpotensi terjadi pada Minggu 11 November 2018 dan wilayah yang berpotensi hujan lebat diantaranya Sumatra Utara, Sumatra Barat, Riau, Kepulauan Riau, Bengkulu, Lampung, Jawa Tengah, Bali, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Tengah, Gorontalo, Papua Barat, Papua.

Sementara wilayah yang berpotensi hujan lebat dan angin kencang pada yang sama 11 November 2018 yaitu di Aceh, Jambi, Sumatra Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, DKI Jakarta, Jawa Barat, Yogyakarta, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat dan Kalimantan Barat.

Karena itu, ia mengimbau kepada masyarakat agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, anginkencang, pohon tumbang dan jalan licin.

“Bagi masyarakat yang hendak memperoleh informasi terkini, BMKG membuka layanan informasi cuaca 24 jam, yaitu melalui call center 021-6546315/18, http://www.bmkg.go.id, dan follow @infobmkg atau dapat langsung menghubungi kantor BMKG terdekat,” ujarnya. (Imam Bachtiar)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close