News

Antisipasi Gangguan di Masa Libur Akhir Tahun, PT Angkasa Pura Siapkan Posko di 26 Bandara

Jakarta (MI) – PT Angkasa Pura I (Persero) membuka posko natal dan tahun baru di 13 bandara selama masa libur akhir tahun, yang mulai beroperasi mulai 18 Desember 2017 hingga 8 Januari 2018 sesuai jam operasional bandara.

Direktur Utama PT AP I (Persero) Faik Fahmi mengemukakan bahwa selain melibatkan unsur internal, perusahaan juga melibatkan mitra di bandara diantaranya Kantor Otoritas Bandara, TNI, Polri, BMKG, Kantor Kesehatan Pelabuhan, pihak maskapai, dan ground handling.

“Kami menyiapkan jaringan CCTV yang terkoneksi dengan Center of Command di Kantor Pusat Angkasa Pura I di Jakarta, serta terdapat Contact Center Bandara 172 yang beroperasi 24 jam,” jelas Faik dalam keterangan tertulis, Senin, 25 Desember 2017.

Dia juga menambahkan, pihaknya telah menyiapkan langkah-langkah jika terjadi keadaan darurat serta gangguan yang disebabkan oleh faktor alam. PT AP I telah memperketat pelaksanaan Standard Operating Procedure (SOP) terkait Airport Disaster Management System (ADMS), sebagai panduan penanganan operasional, khususnya bencana alam, serta terkait Airport Emergency Plan (AEP) untuk menghadapi keadaan darurat di bandara.

Sementara itu, Direktur Utama PT AP II (Persero) M. Awaluddin menjelaskan bahwa PT AP II telah mengoperasikan sejumlah terminal baru di beberapa bandara, seperti Terminal 3 rute internasional Bandara Internasional Soekarno-Hatta Tangerang, terminal baru Bandara Internasional Husein Sastranegara Bandung, terminal baru Bandara Depati Amir Pangkal Pinang, terminal baru Bandara Internasional Supadio Pontianak, dan terminal baru Bandara Internasional Silangit Tapanuli Utara.

“Dengan pengoperasian terminal baru maka kapasitas bertambah besar dan pengguna bandara akan lebih nyaman,” jelas Awaluddin. PT AP II juga membuka posko Natal dan Tahun Baru di 13 cabang bandara yang dikelola, diantaranya di Bandara Internasional Soekarno-Hatta membuka tiga posko yang masing-masing terletak di Terminal 1B depan VIP sebagai posko utama, Terminal 2F, dan Terminal 3.

Awaluddin mengungkapkan bahwa posko-posko tersebut dilengkapi data traffic pergerakan penumpang, data penerbangan tambahan, televisi untuk monitoring CCTV, serta fasilitas untuk Video Conference yang digunakan untuk koordinasi bersama 12 bandara lain selama masa libur akhir tahun ini. Dia berharap kehadiran posko dapat membantu para penumpang mendapatkan informasi terkait penerbangan. (WR)

Tags

Related Articles

Close