News

Baru Terjun jadi Pebisnis? Cara Ini Ampuh Dilakukan untuk Promosi

MATA INDONESIA, JAKARTA-Ada banyak strategi yang bisa dilakukan oleh seseorang ketika mulai terjun sebagai pebisnis, salah satunya melalui media promosi. Hal ini penting dilakukan untuk memudahkan orang lain atau calon pelanggan mengenal dan mengetahui produk yang ditawarkan.

Namun, tak jarang para pebisnis harus mengeluarkan banyak biaya untuk mempromosikan bisnisnya agar dikenal secara luas. Nah, untuk pemula hal itu tentu tidak mudah, apalagi yang memulai usahanya dengan modal pas-pasan.

Namun, tidak perlu khawatir, di era digital ini ada banyak saluran yang bisa dimanfaatkan untuk memperkenalkan bisnis ke calon pelanggan. Salah satunya memaksimalkan fitu-fitur di media sosial seperti Instagram.

“Fitur-fitur yang disediakan oleh Instagram dirancang untuk membuat interaksi pebisnis dan konsumen lebih mudah, nyaman dan menarik sehingga hubungan antara bisnis dan konsumen menjadi lebih bermakna,” ujar Head of Emerging Business & SMBs, Facebook & Instagram South-East Asia, Fredy Nandes, Jumat 9 November 2018.

Dalam memperkenalkan produk, pebisnis bisa berkreasi dengan format vertikal. Format vertikal adalah format baru yang mampu menarik perhatian pelanggan dengan cepat melalui kontennya yang memenuhi seluruh layar.

Instagram juga menyediakan beberapa format iklan untuk Feed dan Stories seperti Promote Feed, Stories Ads dan Carousel Ads. Fitur Promote ini memungkinkan bisnis menjangkau calon pelanggan yang lebih luas. Pebisnis dapat menggunakan fitur Promote Feed untuk mengiklankan postingan terbaiknya.

Sedangkan untuk menampilkan iklan di Stories, pebisnis bisa memanfaatkan dua format iklannya yaitu foto berdurasi lima detik atau video berdurasi 15 detik.  Menurut Ferdy, Indonesia adalah negara dengan jumlah kreator Instagram Stories terbanyak di dunia.

Secara global, 52 persen pengguna Instagram mengaku lebih tertarik terhadap sebuah merek atau bisnis setelah melihat konten mereka di Instagram Stories. Sementara itu, bisnis yang melakukan Live mendapatkan 1.5 kali lebih banyak jumlah likes dibandingkan bisnis yang belum pernah Live.

Tidak hanya itu, Instagram juga meluncurkan format iklan baru bernama Carousel Ads yang memungkinkan pebisnis menampilkan tiga konten secara berurutan dalam satu iklan. Carousel Ads juga memungkinkan pebisnis untuk menggabungkan format foto dan video dalam satu konten. (Imam Bachtiar)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close