Kisah
Layanan Mobile Check-In di Bandara Soetta Untuk Kurangi Antrean Penumpang di Musim Mudik Lebaran 2018

Jakarta (MI) – Mengantisipasi antrean check-in yang panjang di musim mudik Lebaran 2018, pengelola Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, menyediakan fasilitas mobile check-in di Terminal 1C
Senior Manager of Branch Communication and Legal Bandara Soekarno-Hatta Erwin Revianto mengatakan, bandara akan sangat padat menjelang arus mudik lebaran. “Frekuensi penumpang akan meningkat tajam, jadi PT Angkasa Pura II menawarkan kepada penumpang untuk menggunakan fasilitas mobile check-in,” jelasnya di Tangerang, Minggu (3/6/2018).
Erwin mengungkapkan, mobile check-in adalah layanan digital modern yang serupa dengan self check-in, dan dioperatori oleh customer service mobile. Terdapat petugas perempuan yang membawa mesin printer dan sebuah gadget, yang berkelilingdi selasar atau crubside Terminal 1C, dan juga dapat ditemui di counter check-in.
“Para customer service ini akan menawarkan kepada penumpang untuk check-in dengan mesin yang dibawa oleh mereka. Dengan demikian, penumpang tidak antre dan mempercepat proses daripada cara konvensional,” jelas Erwin.
Dia menjelaskan, setelah penumpang melakukan check-in menggunakan layanan ini, maka penumpang yang tidak membawa bagasi dapat melanjutkan tahapan ke security check point (SCP) dua atau pemeriksaan ke-dua, dan dapat langsung ke boarding lounge. Sementara itu, bagi penumpang yang membawa bagasi dapat menggunakan self baggage drop atau dapat langsung menuju konter khusus dropping bagasi yang disediakan maskapai. (WR)