unique visitors counter
Politik

Boni Hargens: Dipimpin Budi Gunawan, BIN Bertransformasi Semakin Maju

Jakarta (MI) – Pengamat politik dari Universitas Indonesia, Boni Hargens menilai Budi Gunawan sebagai Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) merupakan pemimpin yang transformatif. Budi Gunawan yang akrab disapa BG fokus pada bagaimana melakukan transformasi kelembagaan, peningkatan kualitas sumber daya manusia, dan peningkatan kinerja.

“Saya melihat BIN justru mengalami banyak kemajuan di tangan Pak BG,” kata Boni, Rabu (21/6).

Menurut Boni, di bawah kepemimpinan BG saat ini, BIN memadai dalam memprediksi ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan (ATGH). BIN juga dapat merespon dengan cepat ATHG seperti ledakan bom di Kampung Melayu dengan memberi sinyal berupa informasi, namun eksekusi ada di tangan penegak hukum.

Boni menambahkan, BG juga tipe pemimpin yang visioner. BG selalu berpikir sekaligus tentang masa depan lembaga dan manusia di dalamnya. Mengenai loyalitas BG pada negara dan presiden sebagai single user juga sangat jelas.

“Saya amati, sejak beliau di Polri, ada konsistensi yang kuat dalam gaya kepemimpinan Pak BG. Fokus pada perubahan nyata. Hampir pasti dimanapun Pak BG ditugaskan, niscaya selalu ada perubahan nyata yang besar dan berdampak jangka panjang,” ujar Boni.

Mengenai aksi demo yang sempat marak dengan jumlah massa yang besar menjelang Pilkada Jakarta, Boni mengatakan kontra intelijen perlu lebih keras. Petunjuk dan arahan Kepala BIN mesti dijalakankan dengan cepat dan tepat. Birokrasi BIN harus menjadi contoh kerja birokrasi yang efektif efisien dan sesuai semangat nawacita yaitu kerja cepat untuk negara.

Meski demikian, sambung Boni, setelah aksi 411 ada perubahan drastis di tubuh birokrasi BIN.

“Pak BG dan Wakabin memaksa semua deputi bekerja keras, cepat, dan tepat sasaran. Monitoring di semua lini juga dilakukan. Semua biro dipaksa bergerak cepat. BIN belajar banyak dari kritik publik terkait aksi 4-11,” tutur Boni. (Red)

Tags

Related Articles

Close