unique visitors counter
Politik

Mendagri: Koalisi Parpol Tidak Menjamin Kesolidannya

Jakarta (MI) – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo bicara soal koalisi parpol yang tidak menjamin kesolidannya. Parpol anggota koalisi pemerintahan Jokowi-JK disebut bisa berbeda jalan soal penentuan calon pada Pilpres 2019.

Pernyataan ini disampaikan Tjahjo saat dimintai tanggapan mengenai kabar pencabutan rekomendasi pencalonan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Bagi Tjahjo, pencabutan rekomendasi tersebut kewenangan parpol. Dia menyatakan bahwa jika kemarin Ridwan Kamil mendapat rekomendasi dan  sekarang dicabut, itu adalah hal yang biasa saja.

“Apakah menjamin, mulai partai politik seperti PDIP, NasDem, Golkar, PAN, PPP, PKB, Hanura, PKPI yang mendukung Pak Jokowi ini akan solid sepakat menentukan satu orang calon wakil presiden? Belum tentu,” kata Tjahjo kepada wartawan di Hotel Acacia, Jl Kramat Raya, Jakarta Pusat, Kamis (21/12/2017).

Di luar urusan pencalonan dari parpol, Tjahjo menegaskan pentingnya netralitas penyelenggara pemilu. Tjahyo  meminta Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) tegas dalam mengawasi kinerja penyelenggara pemilu.

“DKPP harus proaktif, ya, Bawaslu juga harus mengontrol pengawas sampai tingkat paling bawah untuk berani melaporkan jika ada yang menyimpang dari peraturan KPU dan undang-undang jika ada yang memberi peluang (terjadinya pelanggaran),” ujarnya. (TGM)

Tags

Related Articles

Close