Gaya HidupHeadline
Simak Nih, 7 Tips Sukses Wawancara Kerja

MATA INDONESIA, JAKARTA – Yeiy, besok senin akhirnya kamu dipanggil buat interview kerja. Untuk itu, ada baiknya mempersiapkan beberapa hal supaya wawancara besok sukses dan mengubah status kalian gak jobless lagi.
Coz, tahapan ini krusial banget gaes. Karena akan memperlihatkan siapa dirimu sebagai calon karyawan di mata perusahaan. Karena itu, persiapkan diri sebaik-baiknya jelang wawancara.
Nah, biar makin santai, yuk simak 7 tips wawancara kerja berikut ini aja. Jika sudah menyiapkan sesi interview dengan baik, dijamin kamu bakal lebih diingat oleh calon bos.
1. Warna pakaian
Cinta pada pandangan pertama. Kalimat ini tak hanya berguna buat kalian yang pernah pdkt sama seseorang. Berdasarkan riset, 23 persen pewawancara merekomendasikan memakai warna biru, yang menunjukkan bahwa kandidat adalah pekerja unggul, sementara 15 persen merekomendasikan warna hitam, yang menunjukkan potensi kepemimpinan.
2. Beri pujian

Dalam suatu studi, yang dipimpin oleh para peneliti University of Washington dan University of Florida dan dikutip di PsyBlog, para peneliti menemukan bahwa siswa yang mengambil hati dengan pewawancara mereka, tanpa terlihat sebagai promosi diri, lebih mungkin untuk direkomendasikan untuk pekerjaan itu.
3. Percaya diri

Dalam wawancara kerja, percaya diri berarti menunjukkan rasa hormat kepada pewawancara Anda, sementara juga menunjukkan kepercayaan diri itu sendiri. Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan mengatakan sesuatu seperti, “Saya suka pekerjaan Anda. Itu mengingatkan saya pada pekerjaan saya.”
4. Kontak mata

Dalam sebuah penelitian peneliti Universitas Northeastern meminta peserta untuk menonton video orang asing berbicara satu sama lain untuk pertama kalinya dan kemudian menilai seberapa cerdas setiap orang tersebut.
Hasilnya menunjukkan bahwa orang-orang yang secara konsisten melakukan kontak mata saat berbicara dianggap lebih cerdas daripada mereka yang tidak melakukan kontak mata.
5. Kenali potensi

Dalam satu studi Stanford University dan Harvard Business School, peserta menerima informasi tentang hipotetis pelamar pekerjaan. Hasilnya menunjukkan bahwa peserta berpikir kandidat lebih sukses, ketika mereka mengetahui bahwa jika ia memiliki potensi besar.
6. Ramah dan tegas

Satu studi yang menarik dari University of Guelph di Kanada, berusaha untuk mengatasi alasan mengapa kandidat yang tampak cemas cenderung tidak mendapatkan pekerjaan.Sebaliknya, bisa jadi kecemasan itu membuat Anda tampak kurang hangat dan tegas, dan membuat Anda berbicara terlalu lambat yang memberikan kesan bahwa anda kesusahan menjawab pertanyaan.
7. Berdoa

Tips terakhir ini adalah yang paling mujarab supaya kalian sukses wawancara. Apa gunanya usaha tanpa berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Setuju kan!
(Puji Christianto)