News
GDI Cara Kemendag Dongkrak Pasar Ekspor di Indonesia

“Kita tidak hanya mengembangkan pasar tapi juga produk. Itu upaya kita untuk peningkatan ekspor,” ujar Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional, Arlinda.
Arlinda berharap para desainer tanah air berlomba menghasilkan produk terbaik agar bisa dipamerkan pada ajang G-Mark yang diselenggarakan setiap tahun di Jepang.
“Ini merupakan proses, produk yang dihasilkan oleh suatu negara agar bisa berkompetisi dan masuk ke pasar Jepang, artinya apapun akan kita lakukan untuk hal itu,” katanya.
Ia mengatakan, produk yang menjadi andalan di tahun ini berupa desain arsitek yang antik dan menarik. “Pokoknya yang bagus dan tidak semua negara bisa menghasilkan produk yang kita hasilkan,” katanya.
Diketahui, GDI merupakan sebuah pengakuan yang diberikan kepada desainer atau pelaku usaha yang berorientasi ekspor dan memiliki nilai komersil di pasar global.
GDI 2019 bekerja sama dengan Japan Institute of Design Promotion (JDP), JDP merupakan pihak penyelenggara G-Mark di Jepang yang diadakan setiap tahun dan diikuti sekitar 4000 peserta dari berbagai negara.