Gaya HidupHeadline
Harbolnas, Ini Rekor Penjualan yang Dicapai Lazada vs Shopee

MATA INDONESIA, JAKARTA – Festival belanja online 11.11 menjadi momen marketplace seperti Lazada dan Shopee untuk meraup keuntungan dari penjualan produk. Bahkan keduanya rela mengumbar promo selama seharian penuh pada 11 November 2018 kemarin, untuk merayu shopaholic belanja di tempat mereka.
Lalu berapa rekor penjualan yang mereka dapatkan dalam hajatan hari belanja online nasional kemarin?
Chief Marketing Officer (CMO) Lazada Indonesia Monika Rudijono mengaku mencatatkan penjualan lebih dari 20 juta pembeli se-Asia Tenggara. Capaian tersebut dianggap rekor penjualan baru bagi mereka selama beroperasi.
Lazada diakuinya menawarkan berbagai promo hingga permainan interaktif. Menurut dia, belanja online bukan lagi tentang tentang belanja satu kali dan diskon, tapi membangun pengalaman belanja jangka panjang melalui hiburan dan interaksi. “Inilah mengapa kami memperkenalkan game dalam aplikasi baru seperti Wonderland, Slash It, dan Shake It agar pembeli kami bersenang-senang sambil browsing, mengumpulkan voucher dan berbelanja,” kata Monica dalam keterangan tertulis, Selasa 13 November 2018.
Dalam harbolnas kemarin, selain diskon, Lazada juga membagi-bagikan voucher melalui permainan interaktif. Ada lebih dari 50 juta voucher yang dibagikan. “Lazada mencatatkan waktu tersingkat untuk mengemas paket adalah 25 detik dan pngiriman pertama tiba 90 menit setelah tengah malam,” kata dia.
Sementara marketplace Shopee mmengaku mencatatkan rekor dalam sejarah penjualannya pada festival belanja 11.11 pada 11 November 2018 lalu.
Secara regional, tercatat lebih dari 11 juta pemesanan terjadi pada satu hari tersebut. Capaiannya meningkat 4,5 kali dibandingkan hari yang sama tahun lalu.
Menurut Chief Executive Officer Shopee, Chris Feng, lebih dari 42 juta pengunjung telah menikmati promosi di semua kategori. Pada puncaknya, lebih dari 58.000 produk terjual setiap menitnya di Shopee. “Pertumbuhan festival belanja 11.11 kami dari tahun ke tahun merupakan bukti bahwa 11.11 telah dan akan terus menjadi tanggal yang penting dalam musim belanja akhir tahun di kawasan Asia Tenggara dan Taiwan,” ujar dia.
Dalam Shopee 11.11 Big Sale di Indonesia tahun ini, top brand dan penjual yang berpartisipasi mengalami peningkatan transaksi hingga 19.309 kali dan rata-rata peningkatan kunjungan hingga 300 persen.
Kategori Kecantikan, Pakaian Wanita dan Elektronik menjadi yang paling diminati selama festival berlangsung. Produk earphone, smartphone, dan tas menjadi terpopuler bagi pengguna pria, sedangkan hijab, micellar water dan minyak goreng paling banyak dibeli pengguna wanita. (Puji Christianto)