TKN Prabowo-Gibran Duga Ada Kecurangan Pemilu di Jateng dan Jember

- Redaksi

Minggu, 28 Januari 2024 - 16:59 WITA

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

wakil ketua tim kampanye nasional tkn prabowo subianto gibran rakabuming raka habiburokhman 169

wakil ketua tim kampanye nasional tkn prabowo subianto gibran rakabuming raka habiburokhman 169

Mataindonesia.id – Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka menduga adanya kecurangan Pemilu 2024 yang dilakukan oleh petinggi partai politik (parpol) di Jawa Tengah (Jateng) dan Jember, Jawa Timur.

Wakil Ketua TKN Prabowo-Gibran, Habiburokhman, mengatakan pihaknya mendapat informasi bahwa sekitar minggu ketiga Januari 2024 ada petinggi parpol yang mengumpulkan penyelenggara pemilu di sebuah hotel. Dalam pertemuan tersebut dibahas bahwa kondisi lapangan pilpres tidak menguntungkan koalisi partai tersebut, mereka dalam posisi tertinggal dari Prabowo-Gibran. Begitu juga untuk pileg DPR RI disebutkan bahwa partai mereka dalam posisi tertinggal.

Habiburokhman menjelaskan modus kecurangan yang dilakukan dengan cara merusak surat suara Prabowo-Gibran menggunakan paku di sisi meja saat perhitungan surat suara. Selain itu, kata dia, ada juga sejumlah parpol yang menjadi target kecurangan yakni Gerindra, NasDem dan PKS.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

“Mereka akan melakukan kecurangan dengan cara merusak surat suara pemilih Prabowo-Gibran, DPR RI NasDem, Gerindra dan PKS. Cara merusak surat suara tersebut adalah dengan menggunakan paku saat penghitungan hasil pemilihan di TPS,” ucapnya.

Sementara di Jember, Jawa Timur, dugaan kecurangan terjadi dalam acara Rapat Koordinasi dan Training of Trainer (ToT) Petugas Pemilih Kecamatan (PPK) dan Petugas Pemungutan Suara (PPS) se-Kabupaten Jember di Hotel Cempaka Senin (22/1/2024). Sejumlah penyelenggara pemilu menunjukkan simbol gestur jari dukungan terhadap nomor urut paslon tertentu.

Habiburokhman menampilkan video penyelenggara pemilu yang terang-terangan menunjukan pose jari dukungan ke paslon tertentu. Lokasi di video itu juga dikonfrontir dengan foto acara yang diunggah KPU Jember melalui Instagram mereka.

“Pada acara tersebut diduga ada sejumlah penyelenggara pemilu secara terang-terangan menunjukkan gestur dan simbol dukungan kepada capres tertentu. Kami mendapatkan sejumlah foto dan video terkait kasus tersebut,” katanya.

Habiburokhman menyampaikan pemilih dalam pemilu dari dua provinsi itu sangat banyak. Dia khawatir jika kecurangan berlangsung terstruktur, sistematis dan masif akan berpengaruh terhadap perhitungan suara secara nasional.

“Jawa Tengah dan Jawa Timur adalah dua provinsi yang jumlah pemilihnya sangat banyak dan selama ini selalu menjadi penentu kemenangan bagi pemenang pemilu. Kalau di dua daerah ini terjadi kecurangan yang terstruktur, sistematis dan masif, maka kami khawatir akan sangat berpengaruh secara nasional,” ucap Habiburokhman.

“Kami serukan kepada masyarakat untuk mewaspadai segala bentuk kecurangan. Saat hari pencoblosan pastikan di meja KPPS tidak ada paku yang bisa digunakan untuk merusak surat suara,” imbuhnya.

TKN Prabowo-Gibran tengah mengumpulkan sejumlah bukti untuk melaporkan dugaan kecurangan tersebut kepada Bawaslu RI. Mereka juga meminta Bawaslu untuk bersikap proaktif dalam menangani kasus ini.

Berita Terkait

Jokowi Bertemu Sultan Hamengku Buwono X, Ngobrol 4 Mata Sejam
Ganjar Pranowo Bertekad Pertahankan Basis Suara PDIP di Jawa Tengah

Berita Terkait

Minggu, 28 Januari 2024 - 16:59 WITA

TKN Prabowo-Gibran Duga Ada Kecurangan Pemilu di Jateng dan Jember

Minggu, 28 Januari 2024 - 16:56 WITA

Jokowi Bertemu Sultan Hamengku Buwono X, Ngobrol 4 Mata Sejam

Minggu, 28 Januari 2024 - 16:41 WITA

Ganjar Pranowo Bertekad Pertahankan Basis Suara PDIP di Jawa Tengah

Berita Terbaru

febdacffaca

Teknologi

Daftar 9 Hp Yang Dapat Pembaruan Hyperos

Sabtu, 24 Feb 2024 - 22:21 WITA

b dcdb c a bbea

Hiburan

Profil Dan Biodata Anggota Tws, Boyband Terbaru Dari Pledis

Sabtu, 24 Feb 2024 - 22:17 WITA

Twice

Teknologi

Download Geometry Dash 2.2 Mod Apk: Bukan Game Biasa!

Sabtu, 24 Feb 2024 - 22:14 WITA

bbdeefaabafbe

Teknologi

Spesifikasi Itel P55 5G: Unggul Di Segmen Terjangkau!

Sabtu, 24 Feb 2024 - 22:07 WITA