News
Waduh, 3 E-Commerce Raksasa Ini Paling Banyak Diadukan Konsumen

MATA INDONESIA, JAKARTA – Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) mencatat bahwa ada tiga e-commerce yang paling sering diadukan konsumen yang merasa mengalami kerugian.
Tiga e-commerce tersebut adalah Traveloka sebagai yang paling banyak kasusnya, selanjutnya adalah Lazada dan Tokopedia.
“Mungkin karena mereka besar, jadi banyak masalahnya juga,” ujar Wakil Ketua BPKN-RI saat konferensi pers di Jakarta, Senin 17 Desember 2018.
Menurutnya, kasus yang dialami konsumen terbilang sangat beragam. Mulai dari transaksi travel hingga pembelian barang di toko online.
Untuk Traveloka sebagai e-commerce paling banyak diadukan, bahkan ada beberapa konsumen yang melayangkan gugatan dan persoalannya harus diselesaikan ke Singapura.
Rolas juga sempat bercerita pernah ada satu kasus penipuan yang aduannya sampai di BPKN. Bahkan, kasus tersebut hingga berhubungan dengan bea cukai.
Kasus tersebut adalah seorang konsumen yang membeli stroller bayi dengan harga murah, padahal barang tersebut biasanya berharga mahal. Setelah uang ditransfer, pihak konsumen ditelepon oleh bea cukai bahwa barangnya tidak benar.
“Yang seperti inilah modus-modus penipuan,” kata Rolas.
Sampai saat ini, BPKN menilai dunia e-commerce di Indonesia masih mengkhawatirkan buat konsumen. (Ryan)